Senin, 01 November 2010

Web Engineering "SOA, Struts & MVC, Pattern & Framework"

1.Design Pattern adalah sebuah solusi untuk mengulang masalah Design.Solusi ini telah dikembangkan,dikompile dan di saring oleh programmer yang sebelumnya telah menghadapi masalah ini.
Framework adalah desain yang dapat digunakan kembali dan berupa sebuah struktur yang mendukung kerja. Sebuah framework di bangun agar sebuah aplikasi yang dibangun lebih mudah di kerjakan dan mempersingkat waktu. Biasanya sebuah framework terdiri dari modul-modul yang dibuat untuk sebuah aplikasi namun pada suatu saat dapat dimanfaatkan untuk aplikasi lain yang sekiranya membutuhkan salah satu atau lebih modul yang mendukung, misalnya contoh framework berikut :
2.Service Oriented Architecture (SOA) adalah prinsip desain yang diinginkan untuk membangun system terdistribusi yang mengirimkan service fungsionalitasnya, dengan menambahkan penekanan pada loose coupling antar pengguna service. dalam hal ini service mempunyai beberapa karakteristik :
  • logical view
  • message oriented
  • discription oriented
  • network orientation
  • platform neutrality
perhatikan gambar berikut, dalam gambar tersebut mengilustrasikan siklus interaksi service dalam arsitektur system SOA :

Gambar 1: Siklus Service dalam SOA
Dalam arsitektur SOA, Service dapat di definisikan sebagai komponen (Software Component) yang memiliki karakteristik :
  • dapat di deskripsikan dalam suatu bahasa formal
  • dapat dipublikasikan pada suatu registry of service
  • dapat ditemukan (discover) menggunakan mekanisme standart
  • dapat diminta/diperoleh(invoke) melalui jaringan
  • dapat dibangun bersama service lain

3.CodeIgniter adalah aplikasi opensource yang berupa framework dengan model MVC(Model View Controler) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP.codeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibangdingkan dengan membuatnya dari awal.codeigniter adalah sebuah framework yang bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP.

4.Arsitektur Model-View-Controller adalah sebuah pola yang terbukti membangun proyek secara lebih efektif. Hal itu dilakukan dengan memilah komponen antara Model, View dan Controller pada bagian – bagian dalam proyek. Pola MVC menyediakan sebuah solosi terhadap permasalahan tersebut dengan membagi aplikasi menjadi bagian – bagian tersendiri, Model, View dan Controller, memisahkan antar bagian tersebut dan membuat tata interaksi diantaranya.

Diagram di atas menunjukkan 3 komponen yang terdapat dalam pola MVC dan interaksi yang terjadi.

Struts merupakan aplikasi framework open source yang di design untuk membantu para developer dalam membangun arsitektur aplikasi berbasis pada Model-View-Controller (MVC) , dimana design MVC sudah merupakan standard umum dalam membangun aplikasi Web dengan penggunaaan servlet Java dan Java Server Pages (JSP) sebagai teknologinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar